Tuesday, December 2, 2008

MAKKAH SEGERA BERUBAH.......

Wajah kota Makkah akan segera berubah....

Pemerintah Kerajaan Arab Saudi akan malakukan beberapa perubahan penting diantaranya memperluas komplek Masjid Masjidil Haram dan akan mendesain ulang Kota Makah. Proyek tersebut akan dilakukan dalam sebuah Mega Project yang bertujuan untuk merubah wajah Tanah Suci tersebut.  Salah seorang sumber terpercaya dalam tim yang terlibat rencana mega proyek tersebut mengatakan bahwa Tujuan utama studi-studi Desain ini adalah untuk memperkaya wacana tentang bagaimana kita menyebut arsitektur Masjidil Haram masa depan dan pertumbuhannya.
Terdapat sedikitnya 18 arsitek top dunia yang telah ditetapkan oleh Pemerintahan Kerajaan Arab Saudi untuk terlibat dalam pembuatan sejumlah desain yang akan menetapkan "visi baru arsitektur" Mesjid Masjidil haram yang luasnya meliputi 356.800 meter persegi.

Rencana ini difokuskan untuk memperluas  Masjidil Haram dan kawasan sekitarnya. Tahap awal akan dilakukan perluasan sehingga dapat menampung 1.5 juta jemaah dari yang sebelumnya 900 rb jemaah. Kapasitas Masjid selanjutnya akan diteruskan hingga menjadi 3 jt jemaah. Rencana pada tahap ini diharapkan rampung dalam kurun waktu 5 - 10 th mendatang.

No comments: